Pemberdayaan Anak dan Masyarakat melalui Edukasi Sosial serta Pelestarian Lingkungan di Kabupaten Magelang, Indonesia

Authors

  • Ardhin Primadewi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Tuessi Ari Purnomo Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Faozan Asrul Sani Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Akhmad Fajar Setiawan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Erma Susanti Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Saniyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Ari Fitrianingsih Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Istin Nuryati Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/abdi.v7i1.353

Keywords:

Edukasi Sosial, Muhammadiyah Disaster Management Center, Pelestarian Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kesadaran anak-anak dan masyarakat sekitar dalam memahami isu sosial, termasuk kasus perundungan dan kekerasan, serta kurang optimalnya keterlibatan mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan kesadaran anak-anak serta masyarakat sekitar di MIM Pabelan dan PAY Muhammadiyah Pabelan, Kabupaten Magelang, melalui pendekatan edukatif dan lingkungan. Program dilaksanakan antara Oktober hingga Desember 2024 dengan lima rangkaian kegiatan utama, yaitu: (1) edukasi anti-bullying, (2) edukasi kekerasan seksual, (3) penyebaran benih ikan untuk restorasi lingkungan dan ekonomi lokal, (4) penanaman bibit pohon sebagai bentuk penghijauan, serta (5) workshop kesiapsiagaan bencana. Penyampaian materi dilakukan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan simulasi. Data diperoleh melalui observasi lapangan, kuesioner, dan dokumentasi kegiatan. Peningkatan pemahaman siswa diukur menggunakan pre-test dan post-test sederhana yang menilai tingkat pengetahuan mereka sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap isu-isu sosial, komitmen terhadap pelestarian lingkungan, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam menjaga keberlanjutan sumber daya lokal. Kegiatan ini diharapkan menjadi model integratif pengabdian masyarakat yang berkelanjutan dengan pendekatan multisektor: pendidikan, lingkungan, dan sosial.

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Primadewi, A., Purnomo, T. A., Sani, F. A., Setiawan, A. F., Susanti, E., Saniyah, S., … Nuryati, I. (2025). Pemberdayaan Anak dan Masyarakat melalui Edukasi Sosial serta Pelestarian Lingkungan di Kabupaten Magelang, Indonesia. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 175–189. https://doi.org/10.31943/abdi.v7i1.353