Permainan Ular Tangga Bangun Datar Sebagai Media Pembelajaran Di UPTD SDN Sukawera
DOI:
https://doi.org/10.31943/abdi.v7i1.260Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Bangun DatarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga dalam mengajarkan materi bangun datar. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode permainan. Instrumen yang digunakan meliputi soal pre-test dan post-test untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi bangun datar. Data dianalisis menggunakan uji normalitas gain, yang bertujuan untuk menilai efektivitas perlakuan yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis, skor rata-rata pre-test adalah 62,84, sedangkan skor rata-rata post-test mencapai 88,32. Perbedaan ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar Matematika setelah proses pembelajaran dilakukan. Selisih dari skor pre-test dan post-test yaitu sebesar 25,48 poin. Maka peningkatan yang terjadi 74,56%, hasil peningkatan tersebut berada pada kategori 56-75 yaitu cukup efektif.