Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pada Mahasiswa

Authors

  • Dina Martha Fitri Universitas Lampung, Indonesia
  • Ema Agustina Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/abdi.v7i1.246

Keywords:

Artikel Ilmiah , Pelatihan, Pendampingan

Abstract

Kualitas penulisan artikel ilmiah mahasiswa yang masih rendah, ditambah dengan kewajiban penyusunan artikel sebagai syarat mengikuti ujian komprehensif sesuai ketentuan akademik, mendorong perlunya solusi yang tepat. Untuk itu, diselenggarakan sebuah program pengabdian yang bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung (Unila) dalam menulis artikel ilmiah melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Program ini diikuti oleh 30 mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitian mereka. Pelaksanaan kegiatan mencakup pelatihan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik, serta pendampingan melalui klinik penulisan artikel ilmiah. Keberhasilan program dievaluasi dengan menggunakan instrumen pre test dan post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Peningkatan ini terlihat dari perbedaan pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan, serta dari kualitas artikel yang telah layak untuk diajukan ke jurnal ilmiah. Oleh karena itu, program ini disarankan untuk terus dilaksanakan secara rutin guna mendukung peningkatan kualitas penulisan mahasiswa

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

Fitri, D. M., & Agustina, E. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pada Mahasiswa. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.31943/abdi.v7i1.246